Others Experiences

Keikutsertaan dalam berbagai kegiatan Seminar/Penataran/Diskusi, dan lain-lain:

1

Peserta Musyawarah Daerah Badan Keolahragaan Mahasiswa Indonesia (BKMI) Propinsi Sulawesi Utara, di Aula Jalan Bethesda, Manado, Mei 1972.

2

Peserta Penataran Pers Mahasiswa UNSRAT, diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa UNSRAT, bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Manado dan Kantor Wilayah Departemen Penerangan RI Propinsi SULUT, di Aula Asrama Mahasiswa UNSRAT, Manado, Juni 1972.

3

Peserta Diskusi “University Planning” Universitas Sam Ratulangi, Manado, 1972.

4

Peserta Penataran Latihan Warga Gereja, dselenggarakan oleh Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) bekerja sama dengan International Training Institute (ITI) Singapore Area, di Aula Jemaat GMIM Bethesda, Ranotana, Manado, 1973.

5

Peserta Penataran Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil, utusan UNSRAT, diselenggarakan oleh Walikotamadya Daerah Tingkat II Manado, di Kantor Walikota Manado, Manado, Januari 1974.

6

Peserta Penataran Latihan Warga Gereja, dselenggarakan oleh Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) bekerja sama dengan International Training Institute (ITI) Singapore Area, di Aula Jemaat GMIM Bethesda, Ranotana, Manado, 1974.

7

Peserta Simposium Problematik Kecelakaan Lalu Lintas di Sulawesi Utara, kerja sama antara Fakultas Kedokteran UNSRAT Manado dengan Kepolisian Daerah Sulawesi Utara/Tengah, di Aula UNSRAT, Manado, 1974.

8

Peserta Penataran Pelayan Pria/Kaum Bapa (PKB) GMIM Wilayah Manado BaratDaya, di Jemaat Sario Kotabaru, Manado, 1974.

9

Penulisan naskah Sejarah Kodam XIII/Merdeka, 1974.

10

Peserta Musyawarah Lembaga Sosial Desa (LSD) se-Kotamadya Manado,  diselenggarakan oleh Kantor Walikotamadya Daerah Tingkat II Manado, di Aula Kantor Walikota Manado, Manado, April 1975.

11

Pembawa kertas kerja dalam Musyawarah Lembaga Sosial Desa (LSD) se-Kotamadya Manado,  diselenggarakan oleh Kantor Walikotamadya Daerah Tingkat II Manado, di Kantor Walikota, Manado, April 1975.

12

Peserta Musyawarah Lembaga Sosial Desa (LSD) se-Propinsi Sulawesi Utara, diselenggarakan oleh Kantor Gubernur Kepala Daerah Propinsi Daerah Tingkat I Sulawesi Utara, di Aula Jalan Bethesda, Manado, Agustus 1975.

13

Peserta penataran Kader Golongan Karya (GOLKAR) Kotamadya Manado, di Aula Asrama Kodam XIII/Merdeka, Paal IV, Manado, 1976.

14

Peserta Diskusi Mahasiswa Fakultas Sastra UNSRAT Manado dengan Mahasiswa Fakultas Theologi UKI, di Aula Rektorat UKIT, Tomohon, November 1976

15

Pembawa kertas kerja dalam Diskusi Mahasiswa Fakultas Sastra UNSRAT Manado dengan Mahasiswa Fakultas Theologi UKI, di kampus UKIT, Tomohon, November 1976.

16

Memberikan bimbingan/penyuluhan dengan materi “Psywar (Perang Urat Saraf)” kepada Pengurus/ Anggota PERSIT/KCK Kodim 1302/Minahasa, Tondano, Maret 1977.

17

Peserta Kongres Nasional II Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIS), di Kompleks Stadion Kalabat, Manado, November 1977.

18

Peserta Simposium Daerah dalam rangka Kongres Nasional II Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIS), di Aula Kampus IKIP Negeri Manado, Manado, November 1977.

19

Peserta Diskusi Mahasiswa dengan tema “Pungli dalam Sejarah Kita”, diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Sastra UNSRAT, Manado, Oktober 1978.

20

Memberikan materi dalam  Diskusi Mahasiswa dengan tema “Pungli dalam Sejarah Kita”, diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Sastra UNSRAT, Manado, Oktober 1978.

21

Peserta dalam Diskusi Mahasiswa dengan tema “Edukasi dan Modernisasi”, diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Sastra UNSRAT, Manado, Oktober 1978.

22

Memberikan materi dalam Diskusi Mahasiswa dengan tema “Edukasi dan Modernisasi”, diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Sastra UNSRAT, Manado, Oktober 1978.

23

Peserta dalam Diskusi Mahasiswa dengan tema “Beberapa Kasus Kontemporer dalam Kebudayaan”, diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Sastra UNSRAT, Manado, Oktober 1978.

24

Memberikan materi dalam Diskusi Mahasiswa dengan tema “Beberapa Kasus Kontemporer dalam Kebudayaan”, diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Sastra UNSRAT, Manado, Oktober 1978.

25

Memberikan bimbingan/penyuluhan tentang kesejarahan kepada aparat Pamong Desa Silian Kecamatan Tombatu, Minahasa, dalam rangka studi lapangan/pengabdian masyarakat, Mei1978.

26

Memberikan bimbingan/penyuluhan tentang kesejarahan kepada aparat Pamong Desa Rambunan Kecamatan Sonder, Minahasa, dalam rangka studi lapangan/pengabdian masyarakat, Agustus 1978.

27

Memberikan bimbingan/penyuluhan tentang kesejarahan kepada aparat Pamong Desa Batu Kecamatan Likupang, Minahasa, dalam rangka studi lapangan/pengabdian masyarakat, November 1978.

28

Peserta Penataran Penatar P-4 Tingkat Nasional, diselenggarakan oleh BP-7 Pusat, dilaksanakan oleh BP-7 Propinsi Sulawesi Utara, di Manado, 1990.

29

Peserta Seminar Nasional Militer, Birokrasi dan Demokrasi, diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan USAID, di Hotel Kawanua Manado, Manado, 7-9 November 2000.

30

Pemakalah dalam Seminar Nasional Militer, Birokrasi dan Demokrasi, diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan USAID, di Hotel Kawanua Manado, Manado, 7-9 November 2000.

31

Peserta Seminar Arkeologi dan Sejarah, diselenggarakan atas kerja sama Balai Arkelogi Manado dan Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Sastra Unsrat, di Aula Fakultas Sastra Unsrat, Manado, 11 November 2000.

32

Pemakalah dalam Seminar Arkeologi dan Sejarah, diselenggarakan atas kerja sama Balai Arkelogi Manado dan Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Sastra Unsrat, di Gedung Teater Fakultas Sastra Unsrat, Manado, 11 November 2000.

33

Peserta Kongres Minahasa Raya, diselenggarakan oleh Panitia Kongres Minahasa Raya, di Bukit Inspirasi, Tomohon, 17 Juli 2001.

34

Peserta Semiloka Manajemen dan Administrasi Perguruan Tinggi, diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Sam Ratulangi, Manado, 20-22 November 2001.

35

Peserta Diskusi Panel “UNSRAT Menuju Competent Base Learning: Suatu Tantangan Menuju Era Pasat Bebas dengan Kemampuan Evaluasi Diri yang Mantap dan Berkesinambungan”, diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas SamRatulangi, Manado, 28 November 2001.

36

Peserta Seminar “Penggalian Nilai-nilai Wanua untuk Mendukung Implementasi Desentralisasi Tingkat Desa di Kabupaten Minahasa”, diselenggarakan oleh LSM Wanuata Waya, bekerja sama dengan United Nations Development Program (UNDP) melalui Program Partnership for Governance Reform in Indonesia (PGRI), di Aula SMK Negeri, Tondano, 27 Maret 2002.

37

Peserta Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berakreditasi, diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) Lembaga Penelitian Universitas Indonesia (LP-UI), di Kompleks PPKB-UI, Srengseng Sawah, Depok, Jakarta, 24-27 April 2002.

38

Peserta Seminar dan Lokakarya “Rencana Strategi dan Pengembangan Universitas Sam Ratulangi”, Unsrat,Manado, 11-12 April 2002.

39

Peserta Temu Budaya se-Sulawesi Utara, diselenggarakan oleh Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional (BKSNT) Manado, Manado, 10 September 2002.

40

Peserta dalam lokakarya yang diselenggarakan oleh Forum Informasi & Komunikasi Organisasi Non-Pemerintah Sulawesi Selatan (FIK-ORNOP), di Makassar, 30 September-3 Oktober 2002.

41

Pemakalah dalam lokakarya yang diselenggarakan oleh Forum Informasi & Komunikasi Organisasi Non-Pemerintah Sulawesi Selatan (FIK-ORNOP), di Makassar, 30 September-3 Oktober 2002.

42

Peserta Seminar “Membangun Relasi Konstruktif  antara Partai Politik, Calon Anggota Legislatif dan Konstituen”, diselenggarakan oleh Yayasan Suara Nurani (YSN) Tomohon, dengan bantuan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, di Sahid Kawanua Hotel, Manado, 9 Maret 2004.

43

Peserta Pilot Training on Separated Children Program, diselenggarakan oleh United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan Direktorat BPSA Departemen Sosial Republik Indonesia, di Makassar Golden Hotel, Pantai Losari, Makassar, 30 November-3 Desember 2004.

44

Peserta dalam Konsultasi Publik Bedah AMDAL Reklamasi Malalayang II, diselenggarakan oleh Yayasan Suara Nurani (YSN) Tomohon, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Malalayang II dan Yayasan Kelola Manado, bertempat di Aula FISIP Unsrat, Manado, 6 September 2005.

45

Pemakalah dalam Konsultasi Publik Bedah AMDAL Reklamasi Malalayang II, diselenggarakan oleh Yayasan Suara Nurani (YSN) Tomohon, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Malalayang II dan Yayasan Kelola Manado, bertempat di Aula FISIP Unsrat, Manado, 6 September 2005.

46

Peserta Dialog Budaya “Peningkatan Apresiasi Masyarakat tentang Budaya Disiplin”, diselenggarakan oleh Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional (BKSNT) Manado, Manado, 9 Desember 2005.

47

Peserta Seminar “Hasil Penelitian Terpadu Sub Sektor Perkelapaan dan Cengkih”, diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Unsrat, di Kampus Unsrat, Manado, 26-27 Juni 1989.

48

Peserta Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis Ke-25 Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, Manado, 28 Februari 1990.

49

Moderator Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis Ke-25 Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, Manado, 28 Februari 1990.

50

Peserta Seminar dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-162 Pekabaran Injil di Tanah Minahasa dan Pameran Riedel, dilaksanakan oleh Sinode GMIM, di Gedung Gereja Sentrum GMIM, Tondano, 14 Juni 1993.

51

Peserta Kursus Singkat Teori, Metodologi dan Aplikasi Ilmu Antropologi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, di Hotel Wisata, Jakarta, September 1993.

52

Peserta Diskusi Terbatas Peluncuran Karya Tulis Dr. Richard A.D. Siwu, di Aula Pastori Jemaat GMIM Immanuel, Bahu, Manado, 28 September 1993.

53

Peserta Seminar Musik Bia dan Cakalele, diselenggarakan oleh Yayasan Kebudayaan Minahasa Watuseke-Politton, di Tanjung Batu, Manado, 14 November 1993.

54

Peserta Seminar Hasil Penelitian Masalah Sumber Daya Manusia, diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Unsrat, Manado, 21 Desember 1993.

55

Peserta Seminar Pengembangan Agroindustri di Sulawesi Utara pada Pembangunan Jangka Panjang (PJP) II, diselenggarakan oleh Universitas Sam Ratulangi, Manado, 26 Januari 1994.

56

Peserta Diskusi “Posisi Gereja di Asia Pasifik”, diselenggarakan oleh Departemen Pekabaran Injil Sinode GMIM, bertempat di Gedung Gereja Solafide Jemaat GMIM Sapta Marga Perkamil Wilayah Manado Timur II, 25 Februari 1994.

57

Peserta Seminar Peranan Orang Minahasa dalam Masa Pergerakan Nasional Indonesia, di Aula Fakultas Sastra Unsrat, Manado, 31 Oktober 1994.

58

Peserta Penataran Pembimbing Akademik Mahasiswa, diselenggarakan oleh Universitas Sam Ratulangi, Manado, 4 November 1995.

59

Peserta Musyawarah II Kebudayaan Minahasa, diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Daerah Tingkat II Minahasa dan Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM), di Bukit Inspirasi,Tomohon, 3-4 November 1997.

60

Peserta Seminar Budaya Bantik-Malesung, diselenggarakan oleh Rukun Mahambak Asli Muntia Bantik Minanga Malalayang Satu, Manado, 31 Januari 1998.

61

Peserta Diskusi “Menuju Kebangkitan Keminahasaan dalam Keindonesiaan Memasuki Milenium III, diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi UKIT, di Kampus UKIT, Tomohon, 7 Desember 1999.

62

Penatar P-4 Mahasiswa Pola 45 Jam, 1979-1997 (setiap tahun)

63

Peserta “Temu Budaya Minahasa”, diselenggarakan oleh Tarsius Headquarters, di Tarsius Pub & Restaurant Jl. Trans Sulawesi Highway, Malalayang II, Manado, 24 April 1994.

64

Peserta Diskusi tentang Waruga, diselenggarakan oleh LembagaAdat/Kebudayaan “Toar Lumimuut” Masyarakat Minahasa, di Wewelen, Tondano, 11 Juni 1994.

65

Peserta Simposium Internasional “Kajian Budaya Kawasan Sekitar Pasifik Barat Daya”, diselenggarakan dalam rangka HUT Ke-30 Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, di Aula Unsrat Kampus Unsrat, Manado, 1 Februari 1995.

66

Wakil Sekretaris II Panitia Penyelenggara Simposium Internasional “Kajian Budaya Kawasan Sekitar Pasifik Barat Daya”, diselenggarakan dalam rangka HUT Ke-30 Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, di Aula Unsrat Kampus Unsrat, Manado, 1 Februari 1995.

67

Peserta Seminar Jurusan Ilmu Sejarah di bawah judul “Sabuk-Satwa, Salib dan Beringin: Catatan Pengantar Diskusi Adat Istiadat di Sulawesi Utara”, diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Sastra Unsrat, Manado, 26 September 1996.

68

Moderator/Pemimpin Diskusi Mahasiswa Amerika Serikat Peserta Program COTIM, diselenggarakan oleh UPT Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bahasa (PPB) Unsrat, Manado, 12 Juni 1997.

69

Moderator/Pemimpin Diskusi Mahasiswa Amerika Serikat Peserta Program COTIM, diselenggarakan oleh UPT Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bahasa (PPB) Unsrat, Manado, 20 Juni 1997.

70

Moderator/Pemimpin Diskusi Mahasiswa Amerika Serikat Peserta Program COTIM, diselenggarakan oleh UPT Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bahasa (PPB) Unsrat, Manado, 27 Juni 1997.

71

Moderator/Pemimpin Diskusi Mahasiswa Amerika Serikat Peserta Program COTIM, diselenggarakan oleh UPT Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bahasa (PPB) Unsrat, Manado, 4 Juli 1997.

72

Moderator/Pemimpin Diskusi Mahasiswa Amerika Serikat Peserta Program COTIM, diselenggarakan oleh UPT Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bahasa (PPB) Unsrat, Manado, 25 Juli 1997.

73

Moderator/Pemimpin Diskusi Mahasiswa Amerika Serikat Peserta Program COTIM, diselenggarakan oleh UPT Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bahasa (PPB) Unsrat, Manado, 7 Agustus 1997.

74

Moderator/Pemimpin Diskusi Mahasiswa Amerika Serikat Peserta Program COTIM, diselenggarakan oleh UPT Pusat Pelatihan dan Pengembangan Bahasa (PPB) Unsrat, Manado, 14 Agustus 1997.

75

Peserta “Temu Budaya Minahasa”, dilaksanakan di Restaurant Rainbow, Tandengan-Eris,Minahasa, 27 November 1997.

76

Peserta  “Temu Abdi Pendidikan” Rayon Minahasa Tengah, diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan dan Persekolahan GMIM, di Bukit Inspirasi, Tomohon, 7 Juni 1997.

77

Peserta Seminar Mahasiswa Peserta Program COTIM an DR. Rita Kipp di bawah judul “Suatu Tinjauan terhadap Kebijakan Pemecahbelahan dan Penguasaan Belanda”, diselenggarakan oleh UPT PPB-Unsrat, Manado 31 Juli 1996.

78

Pemakalah dalam Seminar COTIM, diselenggarakan oleh UPT-PPB Unsrat, Manado, 1 Juli 1996.

79

Peserta Seminar Nasional Kajian Jepang, diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Asosiasi Studi Jepang Indonesia (ASJI) bekerja sama dengan Universitas Sam Ratulangi, di Gedung Pusat Administrasi UNSRAT, Manado, 10 Juni 1996.

80

Peserta Ceramah Budaya Mina Esa, diselenggarakan dalam rangka HUT Ke-3 Yayasan Impresariat Pakasaan Mina’esa (YIPM), di Resto Panthera, Tikala, Manado, 7 Mei 1993.

81

Peserta Pelatihan Penyuntingan Karya Tulis, diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) Lembaga Penelitian UI, di Kompleks UI Srengseng Sawah, Depok, 2-5 November 2001.

82

Peserta Kongres Adat Minahasa, dilaksanakan di Bukit Inspirasi, Tomohon, 9 Desember 2003.

83

Peserta “Evaluasi Implementasi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak”, diselenggarakan oleh Ditjen Bina Kesejahteraan Sosial Departemen Sosial RI, di Hotel Permata Bidakara, Bandung, 12-14 Desember 2003.

84

Peserta “Forum Konsultasi Nasional Luar Biasa Komisi Nasional Perlindungan Anak”, dilaksanakan oleh Komnas-PA dan Dit Bina Pelayanan Sosial Anak Ditjen Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Depsos RI, di Hotel Parama, Puncak, Bogor, 14-18 Desember 2003.

85

Peserta Forum Daerah Lembaga Pelindungan Anak Sulawesi Utara, dilaksanakan di Aula Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkesos) Propinsi Sulut, Manado, 4 Desember 2003.

86

Peserta Pelatihan Penatar Penulisan Artikel Ilmiah di Perguruan Tinggi, dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Ditjendikti Depdikbud RI, di Hotel Wisata Internasional, Jakarta, 23-28 Agustus 1999.

87

Peserta Seminar Memenangkan Hati Rakyat Melalui Strategi Pencitraan, diselenggarakan oleh Bappilu DPW PDS Sulut, di Hotel Ritzy, Manado, 14 April 2005.

88

Peserta Konferensi Nasional Sejarah VIII, diselenggarakan oleh Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) dan disponsori oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI, di Hotel Millennium, Jakarta, 13-16 November 2006.

89

Peserta Sosialisasi Hasil Sidang Tahunan MPR 2000 dan Penyerapan Aspirasi Masyarakat, diselenggarakan oleh Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara, diadakan di Aula Kantor Bupati Minahasa, Tondano, 23 Maret 2001.

90

Peserta Lokakarya Penguatan Pesan Pluralisme dan Perdamaian, diselenggarakan oleh Yayasan Dian Sulawesi, di Hotel Ritzy, Manado, 13 November 2000.

91

Membawakan materi “Bina Jati Diri Keminahasaan Berlatar Sejarah dan Budaya”, diselenggarakan oleh Forum Pemuda Maesa Makasoiuw Kota Bitung, di Wale Leoni, Girian Bawah, Bitung, 5 Mei 2001.

92

Peserta Deklarasi “Gerakan Rakyat untuk Indonesia Baru”, di Kompleks DPRD Sulawesi Utara, Manado, 8 Mei 2001.

93

Peserta Seminar dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum, diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Unsrat dan LP2I Unsrat, Manado, April 2000.

94

Peserta Seminar Internasional tentang Otonomi Daerah, diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Unsrat bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Manado, Juni 2000.

95

Pembawa materi dalam program Bimbingan Studi Mahasiswa Baru (BISMABA), diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana BISMABA Tahun 2001 Fakultas Sastra Unsrat, Manado, 23 Agustus 2001.

96

Peserta dan Pembawa Makalah dalam Seminar Penulisan Sejarah Gereja Jemaat Treman, Minawerot, Minahasa Utara, 15 Maret 2002.

97

Peserta “Seminar Pendidikan Kristen”, diselenggarakan oleh Badan Pekerja Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (BPS-GMIM), di Gedung Gereja Jemaat GMIM Treman, Wilayah Minawerot, Tonsea, 11 Februari 1992.

98

Peserta “Temu Evaluasi Hasil Penelitian Arkeologi” dengan topik “Strategi Membangun Kemitraan dalam Pengelolaan Sumberdaya Arkeologi”, diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional, dilaksanakan oleh Balai Arkeologi Manado, di Sedona Hotel Manado, Pineleng, Minahasa, Sulawesi Utara, 4-8 November 2008.

99

Pemakalah dalam Temu Ilmiah Dosen Sejarah se-Indonesia di Makassar, 6-9 November 2008.

100

Peserta/Moderator dalam Seminar Nasional Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga, diselenggarakan atas kerja sama antara Fakultas Sastra Unsrat dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan RI, di Kampus Unsrat, Manado, 16 Desember 2008.

101

Peserta Temu Pakar dalam Pembahasan Buku karya Wallerstein “Unthinking Social Sciences”, diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Unsrat, Manado, 16 Desember 2008.

102

Pemakalah dalam Temu Nasional Forum Bhinneka Tunggal Ika Indonesia Timur di Makassar, 18-22 Februari 2009.

103

Peserta/Moderator dalam Seminar Nasional Apresiasi Nilai Kepahlawanan Laksamana Muda John Lie, diselenggarakan oleh Yayasan Nabil Jakarta dan Universitas Sam Ratulangi Manado, di Hotel Gran Puri, Manado, 12 Februari 2009.

104

Pemakalah dalam Temu Budaya Mengkritisi Upaya Pembangunan Kota Tondano,  7 Maret 2009.

105

Peserta dan Pemakalah dalam “Diskusi Terbuka Artitektur Minahasa”, diselenggarakan oleh Jurusan/ Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, bertempat di Restoran “Kita Waya”, Manado, 31 Maret 2009.

106

Pemakalah dalam Relaunching dan Seminar Biografi Alex Evert Kawilarang, diselenggarakan oleh Anggota DPD-RI dan Rektor Universitas Sam Ratulangi, di Hotel Quality, Manado, 17 Maret 2009.

107

Membawakan materi berjudul Budaya Minahasa dan Pornografi di depan Sidang Mahkamah Konstitusi RI sebagai Saksi Ahli, atas permintaan LBH OCK & Associates Jakarta, 6 Mei 2009.

108

Pemakalah dalam rangka Seminar Purnabakti Dra.J.M. Sendewana-Runtuwene di bawah topic “Dengan Sastra, Kita Gali Nilai-nilai Budaya Bangsa”, diselenggarakan oleh Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Sulawesi Utara bekerja sama dengan Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi Manado, bertempat di Ruang Sidang Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Sastra Unsrat, Manado, 11 Juni 2009.

109

Pemakalah dalam Temu Konsultasi MSI Cabang Sulawesi Utara, di Kampus Unsrat Manado, 29 Mei 2009.

110

Pemakalah dalam Sosialisasi UU RI Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan UU RI Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga, diselenggarakan oleh Biro Pemberdayaan Perempuan Sekretariat Daerah Propinsi Sulawesi Utara di Hotel Formosa, Manado, Kamis, 23 November 2006.

111

Peserta Kongres Kebudayaan Minahasa, diselenggarakan oleh Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Jakarta, bertempat di Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado, Senin 23 April 2007.

112

Peserta Seminar dan Lokakarya “Agama dan Tantangan Anarkhi Sosial”, diselenggarakan oleh Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) bekerja sama dengan Yayasan Madia Jakarta, bertempat di Hotel Kakaskasen Indah, Tomohon, 14-16 Desember 2000.

113

Peserta Diskusi Panel dengan topik “Manado Menuju Era Baru” diselenggarakan oleh DPD  PDI-P Propinsi Sulawesi Utara, bertempat di Hotel Ritzy, Manado, 25 Maret 2004.

114

Peserta Lokakarya Penyusunan “Laporan Negara Pelaksanaan Konvensi Hak-hak Anak”, diselenggarakan oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan RI, bertempat di Hotel Millennium, Jakarta, Rabu-Jumat, 22-24 Agustus 2007.

115

Peserta Pertemuan dan Lokakarya “Studi Kelayakan Replikasi Pengembangan Forum Keluarga Dengan Anak Cacat (FK-KDAC)”, diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Departemen Sosial RI, bertempat di Hotel Formosa, Manado, 24-26 Juli 2007.

116

Peserta Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh BPHN (Badan Pengembangan Hukum Nasional), di Hotel Ritzy, Manado, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s